BAHAYA, GAME ONLINE SAAT PJJ ( PEMBELAJARAN JARAK JAUH )

“Kecanduan Game, Hilang Waktu, Hilang Keberkahan”

Handphone dan Internet, sesuatu yang keduanya sulit untuk dipisahkan,  ketika berbicara tentang Game online yang ada dipikiran kita tentunya merupakan sesuatu hal yang kurang baik apalagi dimasa seperti ini, namun tidak dipungkiri karena keadaan game online menjadi pilihan ketika PJJ, kenapa game online ?

Semua orang tau apa itu game, ketika dengan game yang ada di pikiran kita adalah bermain, dimana bermain pasti seru dan mengasyikan. Dibandingkan dengan scroll medsos atau artikel belajar, game online lagi lagi menjadi pilihan. Anak-anak yang rutinitas setiap hari kesekolah untuk tatap muka, sekarang semua serba online. Tugas, Materi, Info bahkan Ulangan pun sekarang online.

Dampak dari serba online mau tidak mau orang tua harus membeli smartphone yang menunjang untuk tugas-tugas sekolah, tidak sedikit sekolah yang memberi tugas kepada anaknya untuk membuat video presentasi, dimana memerlukan HP yang spesifikasinya menunjang untuk editing dan ruang penyimpanan.

Disisi lain ketika tugas sudah selesai atau tidak ada tugas mereka akan Gabut, itu bahasa kekiniannya anak muda sekarang bahkan orang dewasa. Ketika mereka Gabut tidak ada aktifitas yang lain, akhirnya mereka buka playstore dan menginstall beberapa game online. Salah satu game online yang semua kalangan menyukainya adalah FF ( Free Fire ) dan ML ( Mobile Legend ). Kedua game tersebut banyak sekali di mainkan hampir disemua tempat. Selain kedua game tersebut ada beberapa game  yang sering dimainkan, namun memerlukan spesifikasi HP yang diatas rata-rata.

Tidak hanya game online, game offline pun banyak dimainkan. Namun apabila di bandingkan lebih banyak yang bermain game online dari pada game offline.

Dampak dari game online tentunya mereka akan kehilangan waktu banyak sampai lupa akan kewajiban terutamanya sebagai umat muslim. Dibalik waktu yang banyak terbuang, Kondisi kesehatan kita akan berkurang tentunya. Tidak sedikit yang bermain game sampai begadang dan lupa makan.

Tidak hanya itu saja, dari segi finansial pun akan terdampak banyak, membeli voucher, membeli skin , bahkan sempat viral di medsos anak dibawah umur topup diamond untuk keperluan game online. Masih banyak dampak bahaya dari game online.

Saya garis bawahi bahwa game online tidak bahaya apabila “Bermain Game Sesuai Porsi”.

Terima Kasih