Daerah Matangkan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Sejumlah daerah di Indonesia menyiapkan pembelajaran tatap muka terbatas yang rencananya dimulai pada awal tahun ajaran baru 2021/2022, Juli 2021. Persiapan melibatkan pemerintah daerah, sekolah, orangtua, hingga puskesmas. Keselamatan dan keamanan warga sekolah diutamakan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Uray Iskandar mengatakan, sekolah di Sambas melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sejak Januari 2021. PTM terbatas dihentikan sementara pada April 2021 karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro. Pembelajaran jarak jauh kembali diterapkan sejak saat itu.

“Jika Satgas Covid-19 sudah memberi izin PTM terbatas, surat edaran akan diberikan ke sekolah-sekolah untuk menyiapkan PTM. Tentunya sekolah-sekolah harus melengkapi daftar periksa dari Kemendikbud Ristek,” kata Uray pada diskusi daring Sekolah Aman dan Tangguh dalam Persiapan Tatap Muka Terbatas, Rabu (16/6/2021).

Daftar periksa itu antara lain mewajibkan sekolah memiliki fasilitas sanitasi dan kebersihan. Selain itu, sekolah harus menerapkan area wajib masker, memiliki alat pengukur suhu, dan mendata semua warga sekolah.